Sir, may I….?

Mengajar merupakan kegiatan yang paling menyenangkan bagi saya. Ya, karena saya seorang pengajar bahasa Inggris. Salah satu teori pembelajaran yaitu teori behaviourism yang intinya bahwa tindakan manusia itu merupakan suatu pengulangan akan kebiasaan. Nah, itu yang saya coba biasakan pada anak didik saya, yaitu membiasakan mereka menggunakan bahasa Inggris saat pelajaran saya berlangsung. Walaupun dalam kalimat yang masih sangat sederhana, paling tidak anak-anak menggunakannya dan menjadi suatu kebiasaan mereka.
Dalam kelas saya, setiap siswa boleh meminta izin untuk minum atau pun ke kamar kecil dengan satu syarat yaitu mereka HARUS menggunakan bahasa Inggris saat meminta izin. “May I go to toilet, Sir?” demikian uacapan salah satu murid saya saat ia meminta izin ke kamar kecil. “Sir, may I drink, please?” kata murid saya yang lain saat ia haus dan ingin minum. Saya jawab, “Yes, please.” Demikian saya membiasakan mereka.
Namun, saya pun menyadari bahwa tidak 100% murid saya paham, ada satu, dua siswa yang kurang cakap dalam mengatakan ungkapan meminta izin tersebut. Salah satunya, sebut saja Alan, ia ingin ke kamar kecil, tetapi ia tidak tahu harus berkata apa. Kemudian ia bertanya kepada salah satu siwa yang lain, parahnya, temannya cukup nganyeli sehingga si Alan menghadap saya dan berkata, “Sir, my name is toilet?”. Sekejap suasana kelas menjadi riuh karena para siswa tertawa terbahak-bahak mendengar ujaran Alan.
Lain halnya dengan Deni, ia cukup cerdik sebenarnya, ia mengamati temannya yang sedang meminta izin untuk minum, kemudian ia pun dengan pedenya berkata dengan lantang ke saya, sewaktu ia kebelet buang air kecil, “Sir, may I drink toilet, please?”. Saya tidak dapat menahan diri saya demikian dengan para murid untuk tertawa.

~ by agungsulis13 on December 27, 2016.

Leave a Reply

 
